Skip to main content

Cegah Penuaan Dini Dengan Mengkonsumsi Kembang Kol

Candilkuya.com - Kembang kol merupakan sayuran yang termasuk dalam keluarga kubis dengan mengandung berbagai serat dan B-complex vitamin yang tinggi untuk kesehatan.

Cegah Penuaan Dini Dengan Mengkonsumsi Kembang Kol

Kembang kol memiliki banyak nutrisi yang diperlukan tubuh. Sama seperti sayuran lainnya, kembang kol mempunyai beberapa manfaat kesehatan, di antaranya adalah:

1. Nutrisi Yang Melimpah


Berdasarkan yang dilansir dari WebMD, dalam 100 gram kembang kol memiliki 25 kalori, 0 gram lemak, 5 gram karbohidrat, 2 gram serat makanan, 2 gram gula, 2 gram protein, dan 30 miligram Sodium. Sedangkan untuk vitamin dan nutrisi, kembang kol memiliki 100% dari jumlah vitamin C harian yang direkomendasikan sekitar 1/4 dari vitamin K harian Anda, 6% dari potasium harian Anda, dan lebih dari 3% magnesium harian Anda.

2. Anti-inflamasi


Senyawa bioaktif pada kembang kol berguna untuk mengurangi peradangan. Sayuran putih ini dikenal dapat mengatasi stres akibat ketidakseimbangan antara produksi radikal bebas yang merusak sel dan kemampuan tubuh untuk melawan efek berbahayanya.

3. Melawan Penuaan


Seperti yang dilansir dari Health, beberapa penelitian menunjukkan bahwa zat alami dalam kembang kol, sulforaphane, dapat mempengaruhi gen dengan cara memperlambat proses penuaan. Senyawa kembang kol juga telah terbukti memperlambat penurunan kognitif terkait usia.

4. Mendetoksifikasi Tubuh


Senyawa alami dalam kembang kol dapat juga membantu detoksifikasi tubuh. Detoksifikasi berfungsi untuk membantu menonaktifkan bahan kimia yang berpotensi merusak sehingga akan keluar dari tubuh secara lebih cepat.

5. Kaya Akan Serat


Serat dalam kembang kol hampir 12 gram. Oleh karena itu, kembang kol dapat mendukung kesehatan pencernaan, meningkatkan keteraturan usus, dan memberi makan bakteri baik dalam usus yang terkait dengan antiperadangan, kekebalan, dan suasana hati.

Perlu diketahui bahwa sebagian orang, terutama yang mengalami sindrom iritasi usus besar, kembang kol dapat menyebabkan gangguan pencernaan karena kembang kol termasuk dalam karbohidrat yang kurang bisa diserap oleh sistem pencernaan ke dalam aliran darah, memicu produksi gas sehingga menyebabkan perut kembung dan kram.

6. Membantu Menurunkan Berat Badan


Ternyata, kembang kol dapat mendukung manajemen penurunan berat badan dengan menunda kembalinya kelaparan dan membantu mengatur kadar gula darah serta insulin.

Semoga membantu dan bermanfaat , Terima Kasih :)
Sumber : id.berita.yahoo.com
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar