Skip to main content

Kumpulan Doa Terbaik untuk Kedua Orang Tua , Baca Setelah Sholat Di Manapun Dan Kapanpun

Candilkuya.com - Sebelum dunia menetapkan perlunya peringatan Hari Ibu, Rasulullah SAW  telah meletakkan dasar-dasar teologis bahwa seorang ibu diakui sangat mulia sebagaimana ditegaskan dalam sebuah hadits yang diriwayatakan dari Anas bin Malik RA:

Al Jannatu tahta aqdamil ummahaati. Artinya: Surga itu di bawah telapak kaki ibu.
Kumpulan Doa Terbaik untuk Kedua Orang Tua , Baca Setelah Sholat Di Manapun Dan Kapanpun


Dikutip dari NU Online, hadis tersebut menegaskan bahwa seorang ibu memiliki kedudukan yang sangat mulia hingga seolah-olah surga yang begitu indah dan agung saja tidak lebih tingggi daripada seorang ibu karena diibaratkan berada di bawah telapak kakinya.

Maksud hadits ini adalah tidak mungkin seorang anak bisa masuk surga tanpa ketundukan kepada seorang ibu.

Dalam riwayat lain, Rasulullah SAW mengisyaratkan agar bakti kepada ibu tiga kali lebih besar daripada kepada ayah sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan dari Abi Hurairah RA:

“Suatu hari datanglah seorang laki-laki kepada Rasulillah SAW. Orang itu  bertanya kepada Rasulullah, siapakah di antara manusia yang paling berhak kami sikapi dengan baik. Nabi menjawab, ibumu. Orang itu bertanya lagi, siapa lagi setelah itu. Nabi menjawab, ibumu. Orang itu  bertanya lagi,  siapa lagi setelah itu. Nabi menjawab, ibumu. Orang itu  bertanya lagi. Nabi kemudian menjawab, kemudian ayahmu."

Karena itu, di Hari Ibu yang spesial ini umat Muslim sudah sepatutnya memanjatkan doa bagi orang tua khususnya ibu yang telah melahirkan, membesarkan dan mendidik anak-anaknya dengan susah payah.

Berikut kumpulan doa untuk ibu dan ayah:

Allahuaghfirlii dzunuubi waliwaalidayya warkhamhuma kamaa rabbayani shaghiira.

“Wahai Tuhanku, ampunilah aku dan Ibu Bapakku, sayangilah mereka seperti mereka menyayangiku diwaktu kecil”.

Allahumakhfidh lahuma shautii, waathib lahumaa kalaamii, wa alin lahuma ‘ariikatii, wa’thif ‘alaihima qalbii, wa shayyirni bihima rafiiqo wa ‘alaihima syafiiqaa.

Artinya: Ya Allah. Indahkan kepada mereka ucapanku. Haluskan kepada mereka tabiatku. Lembutkan kepada mereka hatiku. Jadikan aku orang yang sangat mencintai mereka."

Allahumasykur lahuma tarbiyatii, wa astibhumaa ‘alaa takrimatii, wakhfadh lahuma maa khafidhahu minni fii shighoorii.

Artinya: "Ya Allah. Balaslah kebaikan mereka karena telah mendidikku. Berikan ganjaran kepada mereka karena telah memuliakanku. Jagalah mereka sebagaimana mereka memeliharaku pada masa kecilku."

Allahumma laa tusnsinii dzikraahuma fii adbaariha sholawaatii, wa fii ana amin aanaai laylii wa fii kulli saa’ati min saa’ ati nahaarii.

Artinya: "Ya Allah, Jangan biarkan aku lupa untuk menyebut mereka sesudah shalatku. pada saat-saat malamku, pada saat-saat siangku."

Sekian , semoga bermanfaat untuk kalian semua kawan - kawanku , Terima Kasih.

Tag :
doa untuk kedua orang tua


Sumber : jateng.inews.id

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar