Hati - Hati Aplikasi Playstore Mengintai Pesan di Smartphone Kalian

Candilkuya.com - Baru-baru ini, Trend Micro mengungkap laporan tentang peredaran spyware yang mengancam pengguna Android.

Menurut para peneliti, software berbahaya tersebut memiliki kemammpuan untuk memata-matai semua pesan, baik di Facebook, Gmail, hingga Outlook bersembunyi di Google Play Store.

Hati - Hati Aplikasi Playstore Mengintai Pesan di Smartphone Kalian

"Kami telah menemukan tiga aplikasi jahat di Google Play Store, yakni Camero, FileCrypt, dan CallCam," sebagaimana dikutip dari blog Trend Micro, Jumat (10/1/2020).

Berdasarkan laporan, ketiga aplikasi di atas sudah akif sejak Maret 2019.

Perusahaan mendapati virus itu sudah tampak di dalam kode ketiga aplikasi tersebut, dan memiliki kemampuan untuk mengumpulkan data pribadi korban.

Tak hanya itu, malware yang tersimpan di dalam aplikasi pun akan langsung mengeksploitasi beberapa kerentanan keamanan smartphone.

Pelaku Sudah Diketahui


Setelah melalu proses penyelidikan, tim keamanan di Trend Micro mampu mendeteksi tujuan utama spyware dan pembuatnya.

Digunakan untuk mengumpulkan informasi pengguna, spyware ini merupakan hasil karya dari sekelompok perampok siber yang aktif sejak 2012, yakni SideWinder.

Dalam beberapa tahun terakhir, kelompok ini tampil menonjol dari tim hacker lainnya karena selalu menargetkan aksi peretasan terhadap organisasi militer.

Tips Hindari Aplikasi Terinfeksi Malware


Agar tidak menjadi korban spyware dan malware, ada baiknya kamu untuk tidak menginstal aplikasi dari pengembang yang tidak dikenal, meskipun muncul di Play Store.

Tak hanya itu, kamu juga harus membaca baik-baik review atau komentar di ulasan aplikasi apa pun yang ini diinstal.
Sumber : Liputan 6
Hati - Hati Aplikasi Playstore Mengintai Pesan di Smartphone Kalian 5 out of 5