Skip to main content

5 Langkah Riset Keyword Google (Keyword Planner)

Candilkuya.com - Bagi internet marketer, mencari keyword agar website bisa di optimasi merupakan hal yang penting. Optimasi yang baik akan menyebabkan website bisa menduduki peringkat pertama di mesin pencarian, dengan begitu bisnis yang di kembangkan bisa mudah dicari oleh pengguna internet. Semakin mudah bisnis Anda dicari di mesin pencarian maka semakin besar omzet yang akan Anda dapatkan. Berikut ini adalah cara riset keyword Google keyword planner:

  5 Langkah Riset Keyword Google (Keyword Planner)

Mendaftar Google Adwords

Cara riset keyword Google keyword planner yang pertama adalah mendaftar di Google Adwords terlebih dahulu. Google Adwords ini merupakan fasilitas milik Google yang bisa digunakan oleh pengiklan agar bisa meriset pasar. Untuk mendaftarnya Anda bisa menggunakan akun Gmail. (Lebih disarankan untuk menggunakan iklan adwords karena akan muncul volume rata-rata pencarian perbulan nya).

Buka Tools

Setelah Anda berhasil mendaftar pada Google Adwords langkah selanjutnya adalah harus membuka tools pada Google Adwords. Akan ada pilihan sub menu di sana, kemudian pilihlah Keyword Planner.  Setelah Anda melakukan klik pada Keyword Planner Anda akan melihat beberapa opsi pilihan yang bisa Anda lakukan. Pilihlah search for new keyword and ad group ideas.

Masukkan Kata Kunci

Setelah itu Anda harus memasukkan kata kunci sesuai dengan bisnis yang Anda geluti. Jangan lupa Anda harus mengedit pada bagian targeting. Target ini berguna untuk menentukan target pasar bisnis Anda. Setelah Itu pilihlah lokasinya Indonesia dan bahasanya adalah Indonesia.

Melihat Result

Ketika Anda memasukkan kata kunci dan sudah mengedit beberapa hal seperti targeting, lokasi dan bahasa kini Anda akan bisa menemukan result atau hasilnya. Di halaman ini Anda akan bisa melihat trend keyword yang Anda cari. Klik Keyword ideas, khusus untuk Anda yang mencari keyword di 2 bulan terakhir ini. Bagian result tersebut Anda akan menemukan tingkat kompetisi pengiklan dan nilai CPC untuk masing-masing keywords.

Download

Agar bisa menampilkan semua result keyword tersebut Anda bisa mengunduhnya. Nantinya keyword yang Anda download tersebut filenya dalam bentuk Excel CSV.

Riset keyword tidak boleh sembarangan karena hal tersebut akan membuang-buang waktu dan tenaga Anda. Riset tersebut adalah langkah yang paling baik untuk mengoptimasi website Anda dibandingkan menggunakan keyword sembarang. Semoga cara riset keyword Google keyword planner yang dijelaskan di atas bermanfaat bagi Anda.

Credit : article.id
×

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar