Kumpulan Kata - Kata Mutiara Bijak Imam Ali Bin Abi Thalib

Candilkuya.com - Assalamu,alaikum Sahabat Candilkuya.com, Pada Kesempatan Kali Ini Saya akan membagikan kata bijak Imam Ali Bin Abi Thalib, wasiat, petuah dan kata kata yang penuh dengan mutiara hikmah dan pelajaran didalamnya.

Dengan memperhatikan kata kata dari Imam Ali, InsyaAllah anda bisa memaknai sebagai pelajaran dan sarana memperbaiki dan mendekatkan diri kepada ALLAH SWT.
Ali Bin Abi Thalib sendiri merupakan salah satu sahabat sekaligus sepupu Rasulullah SAW, hingga selanjutnya ia menikahi putri Rasulullah SAW yang sekaligus menjadikannya menantu Rasulullah SAW.

Ali Bin Abi Thalib merupakan seorang yang saleh dan memiliki ilmu yang sangat tinggi serta kedudukan mulia disisi ALLAH SWT.

Kata - Kata Mutiara Bijak Imam Ali Bin Abi Thalib

Imam Ali Bin Abi Thalib merupakan bagian dalam lingkaran ahlul bait Nabi Muhammad SAW. Ia juga merupakan khalifah terakhir di era khulafaur rasyidin.
Semasa hidupnya Ali Bin Abi Thalib telah melanjutkan perjuangan Nabi Muhammad SAW dalam mengembangkan islam.

Berbagai petuah dan nasehat telah ia sampaikan. Ilmunya seluas samudra dan bahkan Rasulullah SAW mengatakan bahwa Ali merupakan pintu menuju ilmu.

Jikalau harus dijabarkan, maka pena dan kertas serasa tak akan cukup untuk menuliskan penjabaran dari kata kata mutiara Imam Ali.

Untuk itu dibawah ini akan Saya sediakan sedikit dari luasnya ilmu beliau berupa perkataan Imam Ali yang semoga bisa membawa pencerahan dan hikmah bagi kita semua.

Berikut ini adalah kata kata mutiara Imam Ali Bin Abi Thalib.

Kata Kata mutiara Bijak Imam Ali

Sesungguhnya wanita (sanggup) menyembunyikan cinta selama empat puluh tahun, namun tidak (sangup) menyembunyikan kebencian walau hanya sesaat.​

Tiga hal yang menyelamatkanmu, yaitu; takut kepada Allah, baik secara diam-diam maupun terang-terangan; hidup sederhana, baik di waktu miskin maupun kaya; dan berlaku adil, baik di waktu marah maupun ridha.

Tiga macam orang yang tidak diketahui kecuali dalam tiga situasi; (pertama) tidak diketahui orang pemberani kecuali dalam situasi perang. (kedua) tidak diketahui orang yang penyabar kecuali ketika sedang marah. (ketiga) tidak diketahui sebagai teman kecuali ketika (temannya) sedang butuh.

Barang siapa yang dalam urusannya berada pada posisi tidak memikirkan akibatnya, maka dia telah menghadapkan dirinya pada musibah yang besar.

Diantara taufik adalah berhenti ketika ragu

Diantara amal kebajikan yang paling utama adalah; berderma di saat susah, bertindak benar ketika sedang marah, dan memberi maaf ketika mampu untuk menghukum.

Kebajikan adalah apa yang dirimu merasa tenang padanya dan hatimu merasa tentram karenanya. Sedangkan dosa adalah yang jiwamu merasa resah karenanya dan hatimu menjadi bimbang.

Jika perkataan keluar dari hati, maka ia akan berpengaruh terhadap hati, dan jika ia keluar dari lidah, maka ia tidak akan mencapai telinga.

Janganlah engkau merendahkan seseorang karena kejelekan rupanya dan pakaiannya yang usang, karena sesungguhnya Allah ta’ala hanya memandang apa yang ada dalam hati dan membalas segala perbuatan.

Janganlah engkau tergesa-gesa mencela seseorang karena dosanya. Sebab barangkali dosanya telah diampuni. Dan janganlah engkau merasa aman akan dirimu karena suatu dosa kecil. Sebab, barangkali engkau akan diazab karena dosa kecilmu itu

Permulaan kebaikan dipandang ringan, tetapi akhirnya dipandang berat. Hampir-hampir saja pada permulaannya dianggap sekadar menuruti khayalan, bukan pikiran; tetapi pada akhirnya dianggap sebagai buah pikiran, bukan khayalan. Oleh karena itu, dikatakan bahwa memelihara pekerjaan lebih berat dari pada memulainya.

Memulai pekerjaan adalah sunnah, sedangkan memeliharanya adalah wajib.

Jika engkau ingin mengetahui watak seseorang, maka ajaklah dia bertukar pikiran dengan mu. Sebab, dengan bertukar pikiran itu, engkau akan mengetahui kadar keadilan dan ketidakadilannya, kebaikan dan keburukannya.

Duduklah bersama orang-orang bijak, baik mereka itu musuh atau kawan Sebab, akal bertemu dengan akal.

Sebaik-baik kehidupan adalah yang tidak menguasaimu dan tidak pula mengalihkan perhatianmu (dari mengingat Allah SWT).

Tanyailah hati tentang segala perkara karena sesungguhnya ia adalah saksi yang tidak akan menerima suap.

Kecemburuan seorang wanita adalah kekufuran, sedangkan kecemburuan seorang laki-laki adalah keimanan.

Berbicaralah, niscaya kalian akan dikenal karena sesungguhnya seseorang tersembunyi dibawah lidahnya

Sesungguhnya hati memiliki keinginan, kepedulian, dan keengganan. Maka, datangilah ia dari arah kesenangan dan kepeduliannya. Sebab, jika hati itu dipaksakan, ia akan buta

Tidak ada kenikmatan di dunia ini yang lebih besar dari pada panjang umur dan badan yang sehat.

Jauhilah olehmu posisi mengemukakan alasan. Sebab, ada kalanya alasan justru menetapkan kesalahan terhadap orang yang berdalih itu, meskipun dia bersih dari dosa itu

Barangsiapa yang telah kehilangan keutamaan kejujuran dalam pembicaraannya, maka dia telah kehilangan akhlaknya yang termulia

Buruk sangka melayukan hati, mencurigai orang yang terpercaya, menjadikan asing kawan yang ramah, dan merusak kecintaan saudara

Janganlah engkau merasa senang dengan banyaknya teman, selama mereka bukan orang yang baik-baik. Sebab, kedudukan teman seperti api, sedikitnya adalah kenikmatan, sedangkan banyaknya adalah kebinasaan.

Sebaik-baik teman, jika engkau tidak membutuhkannya, dia akan bertambah dalam kecintaannya kepadamu, dan jika engkau membutuhkannya, dia tidak akan berkurang sedikitpun kecintaannya kepadamu

Ada kalanya perang terjadi karena satu kalimat, dan ada kalanya pula cinta tertanam karena pandangan sekilas

Perbuatan buruk yang menjadikanmu bersedih karenanya lebih baik di sisi Allah dari pada perbuatan baik yang membuatmu bangga

Siapa yang memandang dirinya buruk maka dia adalah orang yang baik. Dan siapa yang memandang dirinya baik, dia adalah orang yang buruk.

Seorang mukmin terhadap mukmin yang lain adalah seperti sebuah bangunan dimana bagiannya saling menguatkan bagian yang lain.

Murah senyum itu bukti kasih, dan sabar itu kuburan aib.

Jika dunia mendatangi seseorang maka dia akan mencela kebaikan orang lain. Jika dunia meninggalkannya maka dia akan menghilangkan kebaikan-kebaikan dirinya.

Janganlah memandang kepada siapa yang bicara, tetapi perhatikanlah apa yang ia bicarakan.

Barang siapa mengenal dirinya maka dia mengenal Tuhannya.

Bergaullah dengan suatu manusia yang jika engkau mati mereka menangisi kepergianmu. Dan jika engkau masih hidup mereka merindukanmu.

Jika engkau telah mengalahkan musuhmu maka jadikanlah sifat pemaaf kepadanya sebagai rasa syukur atas kemenangan terhadapnya.

Dunia itu bangkai. Jika seseorang menginginkannya, hendaklah ia sabar bergaul dengan 4njing-4njing. 

Dunia adalah surga orang kafir. Sesuatu yang cepat (dunia) itu adalah cita-citanya, kematian adalah kesengsaraannya dan neraka adalah tujuannya.

Mencintai dunia akan merusak akal, membisukan hati dari mendengarkan hikmah, dan menyebabkan siksaan yang pedih

Jangan mengkritik orang bodoh karena dia akan membencimu, Tapi kritiklah orang yang berakal dia akan mencintaimu. 

Barangsiapa memperingatkan Anda, ia seperti memberi kabar gembira kepada Anda
Di atas Merupakan kumpulan kata kata mutiara Imam Ali Bin Abi Thalib. Semoga dengan kata bijak dari beliau dapat membuat anda lebih semangat dalam menjalani hidup dan bisa lebih mendekatkan diri anda kepada Allah SWT.

Jika anda memiliki pengalaman nyata bagaimana kata kata bijak Imam Ali merubah hidup anda, kami berharap anda bisa membagikan cerita tersebut di kolom komentar untuk menginspirasi saudara-saudara sesama muslim yang lainnya.Semoga Bermanfaat Sampai Jumpa Di Postingan Selanjutnya. 

Sumber : https://www.wajibbaca.com/bp/1119/kata-mutiara-imam-ali
×

Kumpulan Kata - Kata Mutiara Bijak Imam Ali Bin Abi Thalib 5 out of 5