Skip to main content

10 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan

Candilkuya.com - Manfaat Jahe Untuk Kesehatan, Kamu tentu pernah minum wedang jahe kan? Apalagi ketika cuaca dingin, tentu rasanya yang khas dan melegakan membuat badan menjadi hangat.

Jahe dikenal bermanfaat untuk menghangatkan badan sehingga bisa membantu mengatasi masuk angin dan perut mual.

Sebenarnya jahe itu apa sih? 


Jahe atau zingiber officinale merupakan tanaman rimpang yang dimanfaatkan untuk bumbu masakan, minuman herbal dan obat tradisional.

Dikutip Dari Wajibbaca.com, Selain digunakan sebagai bahan masakan dan minuman herbal, jahe juga mempunyai beberapa manfaat lain yang bisa membantu menjaga kesehatan Anda.

Manfaat Jahe Untuk Kesehatan

Berikut 10 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan:


Manfaat Jahe bagi Kesehatan 

1. Menangkal infeksi bakteri dan virus

Jahe berkhasiat membantu tubuh anda dari bakteri dan virus, kandungan gingerol dalam jahe dipercaya dapat menghambat infeksi bakteri, seperti shigela, E.coli, dan lain-lain.

Selain itu jika Anda secara rutin meminum jahe akan membuat sistem imun tubuh anda meningkat, sehingga mencegah kerusakan DNA dan stress.

2. Meredakan kembung 

Jika anda mengalami gangguan pencernaan seperti mual dan perut kembung akibat masuk angin,teh jahe bisa menjadi solusi utama.

Sebab secangkir teh dapat membantu mengosongkan perut anda yang telah dipenuhi oleh makanan.

Selain itu jahe juga dapat mengatasi mual, pasca operasi, mabuk perjalanan, rheumatoid arthritis, atau osteoarthritis.

3. Menurunkan kolesterol

Kolesterol jahat disebabkan karena kita terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung minyak sehingga dapat berdampak buruk terhadap kesehatan seperti jantung darah tinggi dan sebagainya.

Jahe dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh dengan .

Anda bisa mengkonsumsi cari secara rutin manfaat jahe untuk kesehatan dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan dapat menghancurkan gumpalan darah.

4. Menyehatkan pencernaan

Jahe mempunyai senyawa fenolik yang diketahui dapat membantu meredakan iritasi gastrointestinal (GI), dan menekan kontraktil lambung pada saat makanan dan cairan bergerak melalui saluran pencernaan.

Di saat yang sama air jahe juga bisa membantu mencegah kanker usus besar dan sembelit.

Hal ini tampaknya terdapat pada efek yang ada pada jahe dapat menguntungkan pada enzim tripsin dan lipase pankreas untuk meningkatkan motilitas melalui saluran pencernaan.

5. Membuang radikal bebas

Teh jahe mengandung antioksidan yang bisa membantu membuang radikal bebas hasil dari respon metabolisme dalam tubuh. Jahe juga dapat mencegah kerusakan jaringan dalam tubuh.

Radikal bebas dapat merusak sel-sel dalam tubuh ini disebabkan karena sel-sel yang rapuh.

Kerusakan sel tersebut dapat menghasilkan mutasi sel yang memicu terjadinya gangguan kesehatan an rematik katarak dan radang sendi.

6. Menyembuhkan radang sendi

Jahe ternyata bisa digunakan alternatif untuk mengatasi arthritis Atau lebih dikenal dengan radang sendi.

Tanaman ini sudah dikenal sejak dulu keampuhannya dalam mengobati nyeri radang sendi.

Jahe mempunyai sifat anti inflamasi yang terbukti aman digunakan bagi kebanyakan orang, baik secara topikal maupun oral.

7. Membuat kulit bercahaya

Semua orang mendambakan mempunyai kulit yang sehat dan bercahaya, terutama bagi wanita berbagai cara dilakukan untuk merawat kulit agar mereka bisa tampil lebih percaya diri dengan kulit yang sehat dan bercahaya.

Jahe dapat digunakan untuk perawatan an-nur it agar tampak bercahaya caranya adalah dengan mengkonsumsi jahe secara rutin.

Hal ini dibuktikan melalui sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa seseorang yang mengkonsumsi jahe iklim dapat memperbaiki penampilan kulit selain itu juga membantu menyembuhkan luka dan iritasi.

8. Memudarkan bekas luka
Selain bermanfaat untuk kulit, jahe mampu memudarkan bekas luka hipopigmentasi (bekas luka yang putih atau jauh lebih terang dari warna kulit)

Hal tersebut berkat kandungan yang ada pada jahe seperti toning dan antioksidan.

Cukup oleskan sepotong jahe segar ke area kulit bekas luka dan biarkan hingga mengering lakukan ini secara rutin setiap 2 kali sehari agar bekas luka anda menjadi hilang.

9. Mencegah penuaan
Jahe mempunyai kandungan sekitar 40 senyawa antioksidan yang dapat mencegah terjadinya penuaan dini.

Senyawa ini untuk seperti membuat merangsang sirkulasi darah dan menyuplai banyak nutrisi ke kulit.

Selain itu manfaat antioksidan juga dapat mencegah kerusakan akibat radikal bebas sehingga mampu membuat penampilan kulit anda terlihat lebih awet muda.

10. Mengurangi selulit
Selulit adalah infeksi bakteri pada jaringan kulit yang dapat menyebabkan kulit terlihat kemerahan, bengkak, terasa lembek, dan sakit saat ditekan.

Selain mampu mencegah penuaan pada kulit, jahe juga ampuh dalam menghilangkan selulit pada kulit.

Caranya dengan penggunaan scrub jahe yang dicampur lemon, bahan ini dapat merangsang sirkulasi dan meratakan warna kulit sehingga selulit jadi hilang.

Cara membuat scrub jahe cukup mudah campurkan 1/2 cangkir gula, 1/4 cangkir minyak zaitun, 2 sdm jahe parut segar dan perasan 1 buah lemon.

Efek samping mengkonsumsi jahe berlebih
Selain bermanfaat untuk kesehatan, jahe jika dikonsumsi secara berlebihan dapat mengakibatkan beberapa masalah kesehatan atau alergi.

Berikut efek samping jika anda mengkonsumsi jahe secara berlebih:


  • Mulas​
  • Diare
  • Perut tidak nyaman
  • Periode menstruasi yang lebih berat
  • Kulit iritasi (jika diterapkan pada kulit)
  • Gatal-gatal
  • Sulit bernapas
  • Pembengkakan pada wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan
  • Mudah memar atau berdarah
  • Perdarahan yang tidak berhenti.

Cukup Sekian Informasi Yang Bisa Admin Sampaikan, Itulah beberapa manfaat jahe untuk kesehatan dan kecantikan yang mudah dan murah.Dan Terima Kasih Kepada Wajibbaca.com Sudah Menjadi Referensi Dari blog Ini, Selamat mencoba semoga Anda bisa lebih percaya diri dengan bahan-bahan alami.Semoga Bermanfaat.


Credit :
https://www.candilkuya.com/2020/04/10-manfaat-jahe-untuk-kesehatan.html
×

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar