Tata Cara Niat Puasa Ramadhan Untuk Sebulan Penuh

Candilkuya.com - Tata Cara Niat Puasa Ramadhan Untuk Sebulan Penuh, Kalau takut lupa niat puasa, pendapat ulama yang membolehkan satu kali niat untuk sebulan penuh bisa diikuti, ini tata cara niat puasa Ramadhan untuk sebulan penuh.

Tata Cara Niat Puasa Ramadhan Untuk Sebulan Penuh

Niat mestinya berbarengan dengan ibadah yang dilakukan. Tapi dalam ibadah puasa Ramadhan, karena sulit dan tidak memungkinkan, niat puasa Ramadhan dimantapkan dalam hati dan boleh dibaca sebelum masuk waktu shalat Shubuh, bisa di malam hari setelah shalat Tarawih ataupun ketika makan sahur. Niat puasa Ramadhan sebagai berikut:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ رَمَضَانِ هَذِهِ السَّنَةِ لله تعالى

Nawaitu shaumi ghadin an adai fardli Ramadhani hadzihis sanati lillahi ta’ala.

Artinya:

“Saya berniat puasa esok hari untuk menunaikan kewajiban puasa Ramadhan tahun ini semata-mata karena Allah Ta’ala”

Dalam Madzhab Syafi’i, niat wajib dilakukan setiap hari selama bulan Ramadhan. Tidak cukup satu kali niat untuk sebulan punuh. Namun menurut madzhab Malik, kita boleh niat puasa untuk sebulan penuh pada malam pertama Ramadhan. Untuk kehati-hatian, pendapat Imam Malik ini boleh diikuti, kita niat puasa untuk sebulan penuh di hari pertama untuk mengantisipasi lupa atau ketiduran (satu kali niat untuk satu bulan), kemudian setiap selesai shalat tarawih atau ketika makan sahur kita biasakan untuk niat puasa.

Niat puasa untuk satu bulan penuh sebagai berikut:

نويت صوم جميع شهر رمضان هذه السنة تقليدا لإمام مالك فرضا لله تعالى

Nawaitu shauma jami’i shahri ramadhan hadzihis sanah taqlidan fardhan lillahi ta’ala.

Artinya:

“Saya niat puasa sebulan penuh pada bulan Ramadan tahun ini mengikuti pendapat Imam Malik untuk memehui kewajiban karena Allah SWT.”

Cukup Sekian Postingan Mengenai Tata Cara Niat Puasa Ramadhan Untuk Sebulan Penuh Yang Bisa Admin Sampaikan Pada Kesempatan Kali Ini, Semoga Bermanfaat.

Referensi : islami.co
×
Tata Cara Niat Puasa Ramadhan Untuk Sebulan Penuh 5 out of 5