Skip to main content

Waspada "Internet Gratis 20 GB Selama 60 Hari" Hanya Tipuan

Candilkuya.com - Waspada "Internet Gratis 20 GB Selama 60 Hari" Hanya Tipuan, Assalamu.alaikum Sahabat Candil Kuya, Sudah Lama Sekali Rasanya Saya Tidak Posting Di Blog Ini, Namun Pada Kesempatan Kali Ini Saya Akan Memberikan Sedikit Informasi Mengenai Penyebaran Berita Hoaxs Yang Terjadi Di Kalangan Masyarakat Berupa "Internet Gratis 20 GB Selama 60 Hari"

Hoaks hInternet Gratis 20 GB Selama 60 Hari


Di Tengah Wabah virus corona membuat sejumlah pekerja diwajibkan untuk bekerja dari rumah dan pelajar pun diminta untuk belajar dari rumah. Koneksi internet merupakan salah satu komponen penting yang diperlukan untuk melakukan "work from home" atau "home learning.

Namun, Disaat Situasi Yang Seperti Saat ini, ada saja pihak yang memanfaatkan momen ini untuk melakukan Hal Yang Tidak Baik Dengan Cara Menyebar Berita Hoaks terkait penyakit Covid-19 marak berseliweran. Salah satunya adalah penawaran kuota internet Gratis. Sebuah pesan yang menawarkan kuota internet gratis 20 gigabyte ramai dibagikan di berbagai grup WhatsApp dan media sosial lainnya.

demikian isi pesan hoaks yang beredar. Pesan yang berisi informasi palsu ini sebenarnya sudah pernah beredar pada tahun 2018 lalu. Namun, pesan tersebut kembali tersebat lewat pesan berantai baik di grup maupun chat pribadi.

Pada bagian bawah pesan, tertera sebuah tautan yang jika diklik akan membawa Anda pada laman web tertentu yang tampilannya tampak meyakinkan. Pada laman tersebut tertera tulisan "koneksi internet gratis 20 GB selama 60 hari". Kemudian di bagian bawah,

Anda akan diwajibkan mengisi sebuah kuesioner demi mendapat kuota gratis untuk seluruh operator tersebut. Kemudian lewat laman yang meyakinkan, pengguna akan dimintai untuk mengisi segala data yang dapat disalahgunakan Oleh Pelaku.

Kabar buruknya, ini jadi peluang bagi penjahat siber untuk melakukan penipuan berkedok bagi-bagi kuota internet gratis. Metodenya adalah mereka akan menyebar pesan berantai di WhatsApp dan lainnya berisi tautan situs yang harus diisi data pengguna.

Padahal tautan ini merupakan cara pelaku penjahat kriminal melakukan pishing yaitu penipuan untuk mendapatkan informasi pribadi korban. Misalnya, Anda disuruh mengisi nomor kontak, alamat email, hingga konten pribadi lain mulai dari alamat dan nomor KTP.

Untuk Orang Awam Mungkin Masih Belum Paham Apa Itu Phising ? Dan Bagaimana Cara Kerjanya Tenang Saja Saya Sudah Sediakan Artikelnya Silahkan Di Baca Cara Membuat Phising Menggunakan Android.

Saya sendiri baru saja mendapatkan pesan berantai serupa. Pesan penipuan ini berisi kalimat "Koneksi Internet Gratis 20GB. Dapatkan 20 GB internet gratis selama 60 hari untuk setiap operator seluler". Beberapa kalimat akan ditulis lebih tebal dengan efek bold supaya meyakinkan korban.

Dan [link ke sebuah situs berdomain .club] Hanya Bermodalkan 25 Ribu untuk Menyebarkan Berita Hoax Demi Mendapatkan Keuntungan.( Maaf Bukan Merendahkan, Disini Saya Jelaskan Supaya Tidak Ada Korban Selanjutnya, Hehe) Dan Saya Pun Tau Merekan Bermain Menggunakan Wordpress.


Kemudian di bagian akhir pesan berantai ini akan tersedia tautan yang akan menuju sebuah situs tidak dikenal dan tidak aman. Di sini Anda bisa saja jadi korban pencurian data atau penipuan.

Lebih buruk lagi, bisa saja situs yang Anda akses tadi diam-diam mengirim virus atau malware ke smartphone yang digunakan. Pihak Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sendiri sudah menyatakan pesan berantai ini hoaks.

Jadi Intinya Sekali Lagi Saya Tegaskan Bahwa Penyebaran Berita Tersebut Adalah HOAKS, Supaya Tidak Memakan Banyak Korban, Hentikan Dengan Cara Tidak Meng-klik Ataupun Membagikan Link Tautan Yang Berisi "Koneksi Internet Gratis 20GB. Dapatkan 20 GB internet gratis selama 60 hari untuk setiap operator seluler"

Semoga Saja Postingan Saya Mengenai Penyebaran "Koneksi Internet Gratis 20GB. Dapatkan 20 GB internet gratis selama 60 hari untuk setiap operator seluler" Bisa Bermanfaat, Dan Alangkah Baiknya Jika Kalian Membagikan Postingan Ini Melalui Kontak Whatsapp Kalian. Hihihi, Sampai Jumpa Di Artikel Selanjutnya.

Sumber : Berbagai Media
×

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar