Skip to main content

4 Situs Penyedia Layanan Icon SVG Gratis Untuk Web dan App Developer

Situs Penyedia Layanan Icon SVG Gratis
Candilkuya.com, 4 Situs Penyedia Ikon SVG Gratis Untuk Web dan App Developer - Dengan Menggunakan ikon SVG, maka ikon yang ada di Sebuah website Atau blog tidak akan memberatkan loading .
Secara sederhana SVG atau Scalable Vector Graphics merupakan sebuah bahasa markup untuk sebuah gambar yang sudah didukung oleh semua browser modern.
Gambar-gambar SVG memiliki ukuran file yang kecil dan terkompres dengan Sangat baik sehingga gambar SVG akan tetap tampil baik sekalipun gambar diperbesar.
Untuk itu, SVG sangat baik untuk kita gunakan pada ikon-ikon di blog agar kehadirannya tidak mengganggu loading blog.

Beberapa Situs Penyedia Icon SVG Gratis

Situs-situs ini menyediakan ikon-ikon SVG untuk elemen blog dan sosial media atau brand ternama, berikut situs penyedia ikon SVG yang biasa saya gunakan.

Materialdesignicons.com


Situs ini menyediakan ikon-ikon untuk elemen blog atau aplikasi seperti panah, home, baterai, sinyal, dan banyak lagi. Kita bisa custom ikon untuk warna atau ukuran ikon, selanjutnya kita bisa download ikon atau langsung copy kode SVG yang disediakan.

Simpleicons.org


Situs ini khusus menyediakan ikon-ikon SVG untuk ikon sosmed dan brand-brand terkenal lainnya seperti Windows, Adobe, dan lainnya. Kita tinggal pilih ikon lalu klik, maka ikon akan otomatis didownload.

Iconmonstr.com


Situs ini lebih komplit dari kedua situs di atas yaitu menyediakan ikon-ikon untuk elemen blog, sosmed, dan banyak lagi. Kita bisa download file atau langsung copy kode SVG yang disediakan.

Svgrepo.com


Dan situs SVG Revo ini lebih komplit dari ketiga situs di atas yaitu selain menyediakan ikon-ikon untuk elemen blog, sosmed, dan banyak lagi, juga menyediakan ikon-ikon SVG multicolor. Namun di sini tidak disediakan kode embed SVG-nya, jadi kita harus mendownloadnya.

Cara mendapatkan kode SVG dari file SVG yang didownload

Jika di sebuah situs penyedia ikon SVG tersebut tidak menyediakan kode embed SVG (hanya download file), kita tetap dapat dengan mudah mendapatkan kode SVG dari ikon tersebut, lakukan seperti berikut ini:

  • Download ikon yang dipilih dengan format SVG.
  • Setelah ikon tersimpan di komputer, silahkan klik kanan pada ikon tersebut lalu pilih "Open with" dan pilih browser kesayangan Anda jika ingin melihat tampilan ikonnya dulu. Setelah ikon terbuka di halaman browser, silahkan klik kanan di halaman tersebut lalu pilih "View page source", maka kode SVG akan terlihat dan kita tinggal copy kodenya.
  • Atau "Open with" notepad jika ingin langsung meng-copy kode SVG-nya.
Cukup Sekian Informasi Yang Bisa Saya Sampaikan Mengenai 4 Situs Penyedia Layanan Icon SVG Gratis Untuk Web dan App Developer, Semoga Bermanfaat.

Sumber : Kompiajaib.com
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar