Skip to main content

Manfaat Air Dingin dan Air Hangat

Manfaat Air Dingin dan Air Hangat

CANDILKUYA.COM, Manfaat Air Dingin dan Air Hangat - Air adalah salah satu hal yang sangat diperlukan untuk tubuh, terutama bagi kesehatan. Tetapi, setiap orang punya pilihan jenis air yang berbeda, ada yang memilih dingin atau hangat.

Meski berbeda suhu airnya, keduanya memiliki manfaatnya masing-masing. Berikut manfaat dari air dingin dan hangat yang dikutip dari Health Detik.

Air hangat

1. Melancarkan pencernaan

Menurut pengobatan China kuno, kamu harus meminum segelas air hangat di pagi hari. Ini bisa mengaktifkan sistem pencernaan dan membantu menghindari gangguan yang terjadi pada sistem tersebut.

Selain itu, minum air hangat juga bisa merangsang aliran darah menuju usus, untuk membantu mencegah terjadinya sembelit.

2. Membuang toksin dari tubuh

Minum air hangat juga berfungsi untuk detoksifikasi. Air membantu menyingkirkan seluruh zat yang tidak murni di dalam tubuh.

Agar khasiatnya bertambah, kamu bisa menambahkan sedikit air lemon untuk membuang racun dan merangsang pencernaan. Bisa juga ditambah bahan lain untuk membersihkan racun juga, seperti madu, daun mint, irisan mentimun, dan kayu manis.

3. Menghambat penuaan

Air hangat ternyata juga bisa menghambat penuaan, dengan cara mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Dengan dibuangnya racun tersebut, bisa memperbaiki sel-sel kulit dan meningkatkan elastisitas kulit.

4. Meredakan hidung tersumbat

Air dengan temperatur hangat bisa berperan sebagai ekspektoran alami, yang bisa membantu mengencerkan dahak dari saluran pernapasan. Baik pada hidung ataupun tenggorokan.

5. Melancarkan peredaran darah

Selain mendetoks tubuh, air hangat juga melancarkan sirkulasi peredaran darah. Air hangat ini bisa menghilangkan timbunan lemak dalam sistem saraf.

6. Melawan rasa sakit

Dengan melancarkan sirkulasi peredaran darah ke jaringan-jaringan tubuh, air hangat ini bisa berperan untuk membantu melawan rasa sakit. Makanya sangat dianjurkan minum air hangat saat mengalami nyeri sendi ataupun kram saat menstruasi.

Air dingin

1. Menghidrasi tubuh setelah olahraga

Selama berolahraga, suhu tubuh akan meningkat. Untuk menurunkannya, sangat dianjurkan untuk minum air dingin. Air dingin ini akan membantu menurunkan suhu inti tubuh.

Berdasarkan studi dalam Journal of the International Society of Sport Nutrition, saat mengkonsumsi air dingin bisa menjaga suhu inti tubuh 50 persen lebih tinggi, dibandingkan dengan air suhu ruangan.

2. Turunkan demam

Minum air dingin ternyata juga baik saat tubuh mengalami demam. Itu akan membuat tubuh terhidrasi dengan baik setelah melawan segala faktor yang menyebabkan demam.

3. Menurunkan berat badan

Air dingin juga bisa meningkatkan metabolisme dan membakar hingga 70 kalori per harinya. Ini juga setara dengan berjalan kaki selama 15 menit. Jika keduanya dilakukan, kalori yang terbakar akan lebih besar pastinya.

4. Melawan heat stroke

Ahli gizi dan diet, dr Neha Sanwalka, mengatakan dengan minum air dingin selama cuaca panas akan lebih cepat diserap tubuh. Ini tentunya lebih cepat dibandingkan air suhu ruangan ataupun hangat.

Semoga bermanfaat Terima Kasih.

Sumber : health.detik.com
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar