Skip to main content

3 Ponsel di Indonesia dengan Kamera Super 108MP

Ponsel di Indonesia dengan Kamera Super

Candilkuya.com - Untuk menghadirkan kamera dengan megapiksel besar, dibutuhkan sensor yang dapat mendukung kamera tersebut. Samsung ISOCELL Bright HMX merupakan yang pertama dan masih satu-satunya sensor yang mendukung kamera 108MP.

Ponsel dengan sensor kamera yang tinggi saat ini mulai jadi andalan produsen untuk menarik perhatian konsumen. Tak lama setelah sensor 64MP, kini muncul pula kamera dengan kemampuan 108MP.

Sensor buatan Samsung ini menggunakan teknologi Tetracell. Piksel dibuat menjadi empat kesatuan besar yang masing-masing berfungsi untuk mendeteksi cahaya merah, biru, dan hijau.

Keempat piksel tersebut kemudian yang menghasilkan gambar 27 MP pada cahaya yang sedikit. Tetracell ini yang membuat sensor dapat meniru sensor yang lebih besar.

Selain Tetracell, HMX juga didukung dengan Teknologi Smart-ISO yang mampu menghasilkan gambar-gambar yang terang dalam ISO yang rendah. Menggunakan ISO tinggi juga bisa membantu mengurangi noise pada hasil gambar.

Ponsel yang Sudah mengadopsi sensor kamera 108MP

1. Xiaomi Mi Note 10 Pro


Xiaomi Mi Note 10 Pro punya lensa 8P di depan sensor 108 MP, alih-alih 7P pada versi standar.

Kamera kedua 8 MP didedikasikan untuk telefoto dengan focal length di atas 125 mm dan kemampuan zoom optik 5x; kamera ketiga 12 MP untuk telefoto juga focal length 50 mm dan zoom optik 2x.

Dengan dua kamera yang didedikasikan untuk telefoto tersebut, Xiaomi Mi Note 10 bisa memotret objek dengan zoom hybrid hingga 50x.

Sementara kamera keempat ditujukan untuk ultrawide beresolusi 20 MP dan focal length 13 mm. Terakhir, kamera kelima beresolusi 2 MP yang ditujukan untuk mengakomodasi kebutuhan kamera terkini, yaitu makro.

Beralih ke kamera depan dibekali sensor beresolusi 32 MP yang berada di notch depan.

Untuk dapur pacunya, Xiaomi Mi Note 10 Pro dilengkapi dengan chipset Snapdragon 730G yang dikombinasikan dengan RAM 8 GB dan media penyimpanan 256 GB. Di Indonesia, ponsel ini dibanderol Rp7 juta.

2. Samsung Galaxy S20 Ultra


Ponsel kedua yang memakai sensor kamera 108MP sudah pasti dari keluarga Samsung sendiri yaitu Samsung Galaxy S20 Ultra. Di bagian belakang tersemat modul empat kamera. Kamera utamanya beresolusi 108 MP dengan focal length setara 26 mm. Kamera keduanya beresolusi 12 MP yang didedikasikan untuk sudut pandang ultrawide dengan focal length 13 mm.

Sementara kamera ketiganya beresolusi 48 MP yang didedikasikan untuk telefoto dan focal length setara 102 mm. Kamera tersebut punya kemampuan 10x Hybrid Optic Zoom, serta 100x dengan Super Resolution Zoom.

Lalu kamera terakhir berfungsi sebagai depth sensor ToF 3D beresolusi 0,3 MP. Sedangkan kamera depan mengandalkan resolusi 40 MP dengan focal length 26 mm.

Samsung Galaxy S20 Ultra dibekali dengan dapur pacu Exynos 990 yang dikombinasikan dengan RAM 12 GB dan media penyimpanan berkapasitas 128 GB. Di Indonesia, ponsel ini dibanderol Rp18,5 juta.

3. Xiaomi Mi 10 dan Mi 10 Pro


Setelah Xiaomi Mi Note 10 Pro, Xiaomi merilis Mi 10 dan Mi 10 Pro yang juga dibekali dengan kamera 108 MP. Xiaomi Mi 10 Pro punya kamera utama 108 MP, satu lensa telefoto panjang 8M dengan kemampuan 10x zoom hybrid, satu lensa telefoto pendek 12 MP dengan 2x zoom optik, serta kamera keempat ultrawide beresolusi 20 MP.

Sementara itu, Xiaomi Mi 10 punya konfigurasi kamera utama 108 MP, kamera ultrawide 13 MP, kamera makro 2 MP, dan kamera 3D ToF 2 MP.

Untuk berswafoto, baik Mi 10 maupun Mi 10 Pro sama-sama punya kamera depan dengan resolusi 20 MP.

Beralih ke dapur pacu, Xiaomi Mi 10 dan Mi 10 Pro sama-sama hadir dengan chipset terkencang Qualcomm saat ini, Snapdragon 865.

Namun, baru Xiaomi Mi 10 yang diboyong ke Indonesia dengan satu varian memori RAM 8GB ROM 256GB dan dibanderol Rp10 juta.

Demikian 3 Ponsel Di Indonesia Yang Memiliki Kamera Super Jumbo 108MP, Semoga Informasi Di Atas Bisa Bermanfaat Bagi Sobat Candilkuya.com.

Sumber : cnnindonesia
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar