Cara memblokir Atau menghapus iklan dari aplikasi dan browser Android

Candil Kuya - Cara memblokir / menghapus iklan dari aplikasi dan browser Android Jika Anda belum pernah menggunakan pemblokir iklan, atau bahkan tidak tahu bahwa ini masalahnya, artikel ini tepat untuk Anda. Rata-rata pengguna yang membeli smartphone yang hanya digunakan untuk mengklik gambar dan menelusuri media sosial tidak akan terlalu memperhatikan iklan yang ditampilkan kepadanya. Orang-orang ini secara umum dapat diterima dan dapat menunggu 10 hingga 15 detik untuk menonton iklan di aplikasi Android.

Server aplikasi Android menyajikan iklan dalam berbagai bentuk (seperti teks, spanduk, dan video). Orang-orang dapat mengunduh aplikasi dan game acak dari Play Store dan memasang iklan dalam 5 menit atau kurang. Beberapa aplikasi melakukan ini dengan sangat agresif dan membombardir pengguna dengan iklan setelah mengklik sesuatu di aplikasi.

Anda dapat memblokir iklan di ponsel Android Anda dengan tiga cara sederhana. Salah satu metode mengharuskan Anda memiliki ponsel yang di-rooting, sedangkan dua metode lainnya tidak mengharuskan hampir semua orang untuk menggunakannya. Cara non root akan saya bahas terlebih dahulu, karena rata-rata Android belum bisa memahami apa itu Root.

Metode non-root

Di Android yang tidak di-rooting, ada dua cara untuk memblokir iklan.

1. DNS Khusus (Android 9+).

Android 9 memperkenalkan fungsi DNS pribadi. Sebagian besar ponsel Android yang menjalankan Android 9 dan lebih tinggi dapat menggunakan fitur ini. Beberapa produsen ponsel menyembunyikan opsi ini di dalam perangkat lunak, sehingga pengguna tidak dapat mengaksesnya. Sejauh yang saya tahu, itu tersembunyi di kedalaman pai android MIUI, Anda harus menggunakan aplikasi Peluncur Aktivitas untuk menemukannya. Jika Anda tidak yakin apakah fitur ini tersedia di "Pengaturan" ponsel Anda (biasanya di bawah "Pengaturan Jaringan / Internet"), Anda dapat mencarinya di Google. Setelah Anda menemukannya, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini, jika tidak Anda dapat menggunakan metode kedua.

Kami akan menggunakan adguard DNS untuk memblokir iklan. Adguard menyediakan layanan DNS, yang juga memblokir permintaan iklan dari jaringan Anda.
Cara mengatur adguard sebagai DNS pribadi Anda-



  • Pertama temukan pengaturan DNS khusus. Bagi saya, ini terletak di "Pengaturan"> "Jaringan dan Internet"
  • Klik DNS Pribadi, lalu centang "Nama Host Penyedia DNS Pribadi".
  • Sekarang masukkan dns.adguard.com di bidang teks dan klik "Simpan".
  • Itu dia. Anda telah berhasil mengaktifkannya.
Ada alamat DNS lain yang dapat digunakan untuk memblokir iklan. Jika Anda memiliki masalah kepercayaan dengan penyedia DNS ini, harap cari informasi tentang mereka di Google sebelum mencoba lagi. Juga perlu diingat bahwa jika ada masalah dengan Internet saat DNS pribadi diaktifkan, itu berarti penyedia DNS lambat. Anda dapat mencoba menutupnya dan melihat apakah semuanya kembali normal.
  • dns-family.adguard.com (sama seperti DNS di atas, tetapi nama domain ini juga memblokir situs-situs Dewasa)
  • dns.quad9.net

2. Pemblokir iklan berbasis VPN

Seperti yang terlihat jelas dari namanya, cara ini menggunakan fungsi koneksi VPN Android untuk memblokir iklan. Sejauh ini, ini telah memberikan hasil terbaik dalam memblokir iklan. Nah, Anda tidak perlu menyiapkan VPN secara manual. Kami akan menggunakan beberapa aplikasi pihak ketiga tepercaya yang dapat mengaktifkan / menonaktifkan pemblokiran iklan dengan satu klik.
Untuk artikel kali ini, saya akan menggunakan aplikasi DNS66 yang merupakan aplikasi open source. Itu di-host di Fdroid dan sepenuhnya aman untuk digunakan.
  • Unduh DNS66 dari Fdroid. (Tautan langsung)
  • Instal apk dan mulai DNS66.
  • Klik ikon segarkan yang ditampilkan di sudut kanan atas.
  • Klik tombol start besar dan izinkan aplikasi untuk membuat koneksi VPN.
  • Semua berjalan dengan baik, ini akan diaktifkan, dan Anda sekarang (sebagian besar) bisa mendapatkan pengalaman bebas iklan.
Qaud66 memungkinkan Anda menambahkan file host kustom dengan menambahkan URL langsung ke file tersebut. Jika Anda seorang pemula dan tidak ingin repot mencari file host, opsi default sudah cukup. Anda dapat menemukan lebih banyak file host di Energized Protection. Di DNS66, Anda bahkan dapat memilih aplikasi di mana Anda ingin menerapkan pemblokiran iklan. Blockada, Adguard dan AdClear adalah beberapa aplikasi lain yang bekerja berdasarkan prinsip pemblokiran berbasis VPN yang sama.

Pemblokir iklan berbasis root

Pemblokir iklan berbasis root digunakan untuk mempopulerkan root beberapa tahun yang lalu. Ketersediaan pemblokir akar berbasis VPN mengurangi penggunaan pemblokir iklan berbasis akar. Adaway adalah aplikasi semacam itu, dan para pengembang masih memperbaruinya. Karena kita berbicara tentang pemblokir iklan berbasis root, "perlindungan yang ditingkatkan" juga harus disebutkan di sini. Ini sebenarnya bukan sebuah aplikasi, ini adalah modul magisk. Mereka yang akrab dengan modul root / Magisk akan merasa mudah untuk menginstalnya. Hal yang sama berlaku untuk aplikasi AdAway. Dibandingkan dengan AdAway, fungsi perlindungan yang ditingkatkan lebih kuat, tetapi secara pribadi, fitur ini dapat dengan mudah mengakses tautan daftar putih dan daftar hitam. Jika URL masuk daftar putih / daftar hitam, AdAway mudah.

Cara menggunakan AdAway

AdAway berfungsi dengan baik pada versi yang lebih rendah di bawah diagram lingkaran. Untuk Android Pie +, pengguna harus mengaktifkan host tanpa sistem melalui pengaturan manajer magisk. Ini karena Google telah memperkenalkan perlindungan baca-tulis dalam sistem. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan AdAway-

  • Instal apk AdAway dari Fdroid
  • Jika Anda tidak menjalankan Android Pie +, lewati langkah kedua. Jika Anda menggunakan Pie atau lebih tinggi, pertama-tama buka pengaturan Magisk Manager dan aktifkan opsi "Tidak ada host sistem". Mulai ulang setelah mengaktifkan opsi ini, lalu lakukan langkah berikutnya seperti biasa.
  • Buka AdAway dan berikan izin root.
  • Klik tombol merah besar "Aktifkan Pemblokiran Iklan" yang Anda lihat di beranda.
  • Itu saja, Anda sudah selesai. Dalam beberapa kasus, diperlukan mulai ulang agar perubahan diterapkan. Saya pribadi telah mengujinya di Android Pie dan 10, dan berfungsi tanpa me-reboot.
Anda dapat menentukan lebih banyak sumber host dengan menambahkan URL dari file host asli. Ini juga memungkinkan URL untuk masuk daftar hitam dan daftar putih, membuatnya lebih mudah untuk menambah dan menghapus URL ketika masalah muncul.

Penutup 
Cukup Sekian Informasi Mengenai Cara memblokir / menghapus iklan dari aplikasi dan browser Android, Semoga Apa Yang Dibagikan Bisa Bermanfaat. Jangan Sungkan Untuk Berkunjung Kembali.


Sumber : Sumber.com