Tips Menjadi Blogger Sukses di Zaman Sekarang

Candilkuya.com - Tips Menjadi Blogger Sukses di Zaman Sekarang, Cara menjadi blogger yang sukses di zaman sekarang memiliki kiat khusus. Sebab, di tengah persaingan berbagai platform media sosial lain, blog mengalami penurunan jumlah pembaca. Agar tak salah langkah, Sobat Candil Kuya Bisa simak tipsnya berikut ini!

Tips Menjadi Blogger Sukses

Sejarah Blog

Blog web atau disingkat blog adalah aplikasi web atau bisa juga disebut sebagai media sosial yang membuat konten tersedia untuk umum dalam bentuk tulisan online. Blog adalah salah satu media sosial tertua dalam sejarah dunia online, sejak tahun 1994. 

Ini bermula ketika seorang pria bernama Justin Hall menulis jurnal internet pribadinya di situs bernama links.net. Itu adalah majalah online pertama yang mendapatkan julukan Justin The Founding Father of Personal Blogger dari The New York Magazine pada tahun 2004. Kemudian, pada tahun 199, Jorn Barger juga membuat jurnal web, diikuti oleh Peter Merholz yang menghasilkan judul blog. 

Hingga akhirnya pada tahun 2003, Google mengakuisisi Pyra Labs yang merupakan induk Blogger, dan kemudian muncul WordPress di tahun yang sama. Situs dan aplikasi blog populer termasuk Blogger, WordPress, Tumblr, Typepad, Jekyll, dan banyak lagi.

Dengan munculnya media sosial baru seperti Facebook, Twitter, Instagram, Youtube, Wattpad, dan lainnya, blog pasti mengalami persaingan popularitas. Alhasil, jumlah peminat blog menurun. Sehubungan dengan konten vlog (blog video) di Youtube dan konten obrolan di podcast berbasis audio atau audiovisual. Jadi, pastikan untuk melihat tips khusus bagaimana menjadi blogger yang sukses agar postingan blog Anda "laku" untuk dibaca oleh banyak orang.

TIPS Menjadi Blogger yang Sukses

Menulis bisa jadi hobi siapa saja. Anda tidak hanya dapat menulis untuk kesenangan Anda sendiri, tetapi juga membagikan teks Anda dengan banyak orang di Internet melalui blog. Tidak ada kata terlambat untuk mulai bekerja, salah satunya menjadi blogger handal. 

Setelah mengetahui tentang sejarah dan perkembangan blog, sekarang saatnya Anda mengetahui bagaimana menjadi blogger sukses saat ini.

1. Pilih Nama domain yang mudah diingat

Domain atau nama alamat situs web blog adalah salah satu hal pertama yang diperhatikan pembaca saat mengunjungi blog kita. Oleh karena itu, cara pertama untuk sukses dalam ngeblog adalah dengan memilih domain yang mudah diingat. 

Pilihlah nama yang mudah dibaca, tidak sulit dieja, namun tetap menarik dan unik. Misalnya nama blog pertama Raditya Diki pada tahun 2000 adalah www.kambingjantan.com.

2. Pilih Topik Blog Yang Menarik

Setelah memilih domain, pikirkan topik menarik yang ingin Anda angkat dalam posting blog Anda. Untuk mempermudah pilihan Anda, pertama-tama rangkum topik atau area utama yang menjadi fitur utama blog Anda. 

Misalnya, Anda ingin membahas konten yang berkaitan dengan fashion, gaya hidup, kesehatan, konten cerita sehari-hari, cerita komedi, diskusi sosial dan ekonomi, pendidikan, konten tutorial, hobi, review produk atau makanan, film dan buku, atau apa pun. 

Dengan mengambil bidang utama, akan lebih mudah bagi Anda untuk menentukan topiknya. Jika Anda masih kesulitan mencari suatu topik, cobalah untuk lebih peka dengan topik atau isu yang sedang ramai diperbincangkan oleh banyak orang, atau carilah inspirasi dari blogger lain.

3. Meningkatkan Kemampuan Menulis

Cara lain untuk menjadi blogger yang sukses adalah dengan meningkatkan keterampilan menulis Anda. Jangan mudah puas dengan hasil kerja di blog. Mulailah membaca buku atau tulisan di blog lain, lalu coba cara baru menulis. 

Anda bisa membaca berbagai bentuk tulisan di buku-buku yang berhubungan dengan sastra atau berita. Anda juga bisa mengikuti training atau seminar tentang penulisan artikel, yang sekarang bisa dilakukan secara online maupun offline, baik berbayar maupun gratis.

4. Menyisihkan Waktu untuk Brainstorming

Brainstorming atau ekstraksi ide secara mendalam juga menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan berpikir menulis di blog. Anda tidak bisa meremehkan bagaimana menjadi blogger yang sukses. Luangkan waktu khusus untuk menemukan ide-ide baru yang berkaitan dengan ide-ide menulis, serta area lain untuk perbaikan. 

Misalnya cara menulis, mengoreksi masalah yang berkaitan dengan memasukkan foto atau video ke dalam blog, dll. Jika Anda tidak ingin melakukan sesi curah pendapat sendiri, cobalah berkonsultasi dengan rekan profesional yang dapat mendiskusikan konten blog, atau bahkan penulis ahli selama seminar.

5. Disiplin untuk menerbitkan konten secara teratur

Disiplin juga merupakan kunci untuk menjadi blogger yang sukses. Buat jadwal yang konsisten untuk memposting konten tertulis di blog. Anda dapat memilih seberapa sering untuk mempublikasikan konten seminggu sekali atau dua sampai tiga kali seminggu. Anda juga dapat dengan mudah menulis garis waktu untuk posting ini di bagian profil profil Anda. Dengan cara ini, pembaca akan menantikan karya baru Anda sesuai jadwal.

6. Bergabunglah dengan komunitas Blogger

Cara menjadi blogger sukses tidak hanya dilakukan sendiri. Anda juga harus bergabung dengan komunitas blog lain untuk memperluas jaringan. Selain itu, konten kolaboratif juga berpeluang menarik lebih banyak perhatian pembaca. Anda dapat membuat konten di blog dengan blogger lain. 

Dengan mengenal blogger lain maka akan membantu anda menemukan inspirasi tulisan dan informasi terbaru lainnya yang berkaitan dengan blog.

7. Memahami SEO dan monetisasi blog

Search Engine Optimization (SEO) adalah sistem di mesin pencari Google yang memungkinkan pembaca untuk merekomendasikan situs web berdasarkan kata kunci yang mereka cari. Belajar SEO sangat penting bagi para blogger, agar Anda dapat menemukan rahasia meningkatkan trafik pembaca tanpa kehilangan kualitas atau ciri-ciri tulisan Anda. 

Jika trafik pengunjung situs blog sudah melimpah, maka Anda bisa menghasilkan uang dari blog dengan memahami sistem monetisasi blog. Yaitu dengan membuka kerja sama berbayar dalam bentuk endorsement dan komentar, atau mengaktifkan Google Adsense, menyediakan ruang iklan mandiri kepada calon pelanggan, dan sebagainya.

8. Promosikan melalui media sosial lainnya

Untuk menjadi blogger ternama, dan kontennya akan disukai banyak orang, maka jangan lupa promosikan konten tersebut ke media sosial lain. Setelah mempublikasikan konten posting blog terbaru, Anda dapat menyelesaikan pekerjaan bagaimana menjadi blogger yang sukses. 

Mempromosikan konten di media sosial lain seperti Instagram, Facebook atau Twitter. Beri tahu orang-orang bahwa Anda aktif di blog. Ini juga menyertakan tautan ke posting blog terbaru sehingga orang dapat dengan mudah mengakses dan membaca konten.

9. Hormati hak cipta

Menjadi blogger yang sukses berarti menghormati semua hak cipta. Tidak ada plagiat tertulis, apalagi memposting foto atau video karya orang lain, tidak termasuk sumbernya. Setiap karya harus menghormati hak cipta. Jangan lupa untuk menyertakan nama kredit dalam informasi atau karya Anda yang diposkan ulang.

10. Dekat dengan pembaca

Cara terakhir untuk menjadi blogger yang sukses adalah tetap berhubungan lebih dekat dengan pembaca. Jika memungkinkan, Anda harus membaca dan bahkan membalas setiap komentar yang mereka tinggalkan. Siapa tahu kritik dan saran bisa meningkatkan kualitas tampilan dan konten blog Anda. Hubungan erat antara penulis dan pembaca akan membuat pembaca setia pada konten Anda.

Penutup :

Nah Sobat Candilkuya, Itulah Beberapa Tips Menjadi Seorang Blogger Yang Sukses Di Zaman Sekarang, Semoga Saja Artikel Yang Di Bagikan Bisa Bermanfaat Dan Menginspirasi Untuk Anda Yang Ingin Terjun Ke Dunia Blogger.