Jaga Kesehatan Tubuhmu, Berikut Tips Agar Tak Mudah Sakit

Tips Agar Tak Mudah Sakit
Sumber: Unsplash.com/ Chinnapon

Merawat tubuh merupakan salah satu upaya untuk mempertahankan kesehatan fisik maupun mental. Ada berbagai cara untuk mempertahankan daya tahan tubuh agar tak mudah sakit. Dalam prosesnya,  tentu dibarengi dengan usaha dan konsistensi dalam melakukannya.

Kamu mungkin satu dari banyak orang yang baru mulai memperhatikan kesehatan setelah adanya pandemi Covid-19. Mencuci tangan dengan sabun, memakai masker, sampai dengan mengonsumsi vitamin Imboost secara teratur untuk menjaga daya tahan tubuh sekarang menjadi rutinitas.

Namun apakah upaya tersebut cukup efektif untuk waktu yang lama? Simak selengkapnya tentang cara menjaga kesehatan tubuh agar tak mudah terserang penyakit berikut ini.

Konsumsi Makanan Sehat

Tubuh setiap harinya membutuhkan protein, lemak esensial, karbohidrat, vitamin, mineral, dan air yang cukup. Pastikan untuk makan buah dan sayur serta karbohidrat dalam porsi yang cukup. Perbanyak minum air putih minimal 2 liter per hari agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Manfaat lainnya dari minum air putih yang cukup yaitu dapat membersihkan racun dalam tubuh dan melancarkan peredaran darah.

Berjemur di Pagi Hari

Dengan berjemur di bawah matahari setiap pagi, kamu sudah bisa dapatkan vitamin D secara gratis. Sinar matahari di pagi hari mengandung vitamin D yang dapat berguna untuk menguatkan tulang. Kamu bisa berjemur di bawah matahari sambil mendengarkan musik dan menikmati udara pagi yang segar sebelum memulai beraktivitas.

Berolahraga

Cara satu ini terbilang susah-susah gampang untuk dilakukan. Pasalnya banyak orang merasa tidak sempat untuk menyisihkan waktu khusus untuk berolahraga karena sibuk bekerja dan sebagainya.

Namun, kamu seharusnya tidak perlu mencemaskan itu, melakukan stretching kecil setiap pagi selama 10 menit saja sudah disebut olahraga. Hal lain yang bisa kamu lakukan ialah yoga atau pun meditasi. Meskipun terlihat ringan, tetapi yoga bisa berpengaruh besar untuk kesehatan tubuh dan mental.

Jaga Kebersihan Tubuh

Menjaga kebersihan tubuh tentu menjadi hal yang utama yang harus diperhitungkan. Memiliki tubuh yang bersih dan wangi selalu menjadi keinginan semua orang. Pastikan kamu mandi dua kali sehari, memakai deodoran, menggunakan lotion untuk kulit yang lembap dan sehat, serta parfum bila perlu. Merawat tubuh agar tetap bersih dan wangi dapat meningkatkan rasa percaya diri seseorang dalam menjalankan aktivitas terutama saat bersama orang lain.

Kurangi Konsumsi Kafein

Saat ini industri minuman kopi semakin merebak seiring banyaknya orang yang stres berada di rumah seharian. Kopi sendiri mengandung kafein yang selain dapat membuat mata tahan kantuk juga dapat mengurangi stres. Selain kopi, teh juga memiliki kandungan kafein, lho, tapi dalam jumlah yang lebih sedikit. Mengonsumsi minuman berkafein terlalu banyak dapat menimbulkan masalah kesehatan seperti kecanduan, susah tidur, dan meningkatkan kadar kolesterol.

Ubah Kebiasaan Tidur

Normalnya orang dewasa butuh tidur malam setidaknya 8 jam sehari. Namun sebagian orang mungkin memiliki kebiasaan tidur larut malam. Hal itu diakibatkan oleh stres, insomnia, maupun bermain gadget berlebih. Kebiasaan ini dapat menimbulkan masalah kesehatan seperti kepala terasa berat di pagi hari, menurunnya fokus, mudah lelah dan sering mengantuk di tengah aktivitas.

Dilansir dari Verywellmind.com, cara pertama yang bisa dilakukan untuk kualitas tidur lebih baik yaitu dengan menjaga kebersihan tempat tidur dan menerapkan berbagai cara yang bisa membuatmu lebih nyaman. Kamu juga bisa menggunakan lilin aroma terapi untuk merelaksasi tubuh dan pikiran. Tidur di tempat yang bersih dan nyaman tentu dapat membantumu tidur dengan baik. Jangan lupa untuk mengonsumsi makanan sehat buah-buahan seperti buah anggur yang dipercaya bisa mengobati insomnia.

Jaga Kebersihan Rumah

Kita menghabiskan waktu paling banyak di rumah terutama semenjak pandemi. Maka, memastikan kondisi rumah tetap bersih dan nyaman tentu harus menjadi hal yang paling utama. Membersihkan rumah setiap hari akan menghadirkan manfaat kesehatan seperti kualitas udara yang baik, rumah semakin nyaman ditempati, dan terhindar dari hewan pengganggu seperti kecoak dan nyamuk. Manfaat lainnya dari membersihkan rumah ialah terhindar dari alergi, mengurangi stres, dan pastinya penghuni rumah menjadi jarang sakit karena rumah bebas dari kotoran.

Bangun Relasi yang Baik dengan Orang Lain

Berinteraksi dengan orang lain dapat menstimulus energi positif dalam tubuh. Tubuh dan pikiran cenderung bekerja lebih aktif saat kita mencoba berkomunikasi dan memahami orang lain. Mengikuti organisasi di kampus, di sekolah, atau mengikuti kegiatan relawan dapat melatihmu bersosialisasi dengan baik dengan orang di sekitarmu. Hal ini sangat berpengaruh besar untuk kesehatan mentalmu terutama mengurangi stres dan kurang rasa percaya diri.

Tips di atas bisa membantu kamu untuk meningkatkan dan mempertahankan daya tahan tubuh. Tak hanya bantu meningkatkan kesehatan fisik tapi juga kesehatan mentalmu tetap terjaga. Yuk, mulai  terapkan pola hidup sehat untuk kebaikanmu dan orang-orang tersayang!

Jaga Kesehatan Tubuhmu, Berikut Tips Agar Tak Mudah Sakit 5 out of 5