Inilah Sebab Baterai Ponsel Cepat Habis

Inilah Sebab Baterai Ponsel Cepat Habis

CANDILKUYA.COM, Inilah Sebab Baterai Ponsel Cepat Habis - Baterai ponsel cepat habis membuat aktivitas jadi terhambat karena terlalu sering mengisi daya. Masalah daya baterai boros tidak selalu diakibatkan kerusakan baterai, tapi juga pola penggunaan ponsel.

Pola pemakaian dan spesifikasi baterai mempengaruhi daya tahan baterai ponsel. Agar dapat menghemat daya gunakan ponsel dengan bijak, seperti menutup aplikasi yang tidak digunakan dan mengurangi durasi layar aktif.

Melansir berbagai sumber, ada beberapa hal yang tanpa disadari menguras daya baterai ponsel.

1. Kecerahan Layar


Semakin terang cahaya layar, daya baterai yang digunakan kian besar. Agar baterai lebih awet, gunakan kecerahan layar yang rendah, tapi dalam batas nyaman untuk mata. Menggunakan wallpaper berwarna gelap juga membuat baterai bisa bertahan lebih lama, karena meminimalisir cahaya yang ditampilkan.

2. Aplikasi di Background


Meskipun layar mati, beberapa aplikasi tetap memperbarui datanya. Hal ini membuat baterai terkuras, sebab sistem terus bekerja menjalankan aplikasi. Agar tidak terlalu boros baterai, matikan mode aktif di latar belakang pada aplikasi yang tidak terlalu dibutuhkan.

Pada aplikasi yang rutin dibuka seperti aplikasi chatting dan sosial media biarkan berjalan di latar belakang agar tetap menerima notifikasi pesan.

3. GPS Aktif


GPS secara berkala meng-update posisi terkini ponsel, melalui koneksi internet. Menjalankan sistem GPS dan koneksi internet membuat baterai semakin terkuras. Oleh sebab itu, matikan GPS jika tidak dibutuhkan dan matikan setelan GPS pada aplikasi tertentu yang tidak butuh pembaruan lokasi.

4. Koneksi Internet


Ketika sambungan data atau Wi-Fi aktif, ponsel akan menerima sinyal internet dan memperbarui data dari sejumlah aplikasi. Aplikasi pun tetap berjalan di balik layar, sehingga menyedot daya baterai terus menerus.

Untuk menghemat daya, matikan internet atau aktifkan mode pesawat agar ponsel bisa beristirahat sejenak, sehingga daya baterai menjadi awet. Hal itu dapat dilakukan di saat tidak ada aktivitas menggunakan ponsel, seperti ketika tidur malam hari.

Salah satu agar aktivitas menggunakan ponsel bisa berlangsung lama adalah dengan memilih ponsel yang memiliki kapasitas baterai besar seperti OPPO A92. Ponsel ini memiliki baterai berkapasitas 5.000 mAH Battery+ yang tahan lama.

Di samping itu OPPO A92 memiliki teknologi 18W Fast Charge yang membuat pengisian daya berlangsung semakin cepat.

Sumber : inetdetik
Inilah Sebab Baterai Ponsel Cepat Habis 5 out of 5