Apa Itu Domain .ORG?

Candil Kuya - Domain adalah sesuatu yang penting bagi situs untuk memudahkan pengunjung internet mengenali situs Anda. Jadi, saat muncul di halaman browser, pengunjung bisa tahu jenis konten apa yang Anda buat dari nama domain tersebut. 

Untuk mengecek organisasi tertentu, Anda bisa lebih mudah mengetahuinya jika situs tersebut menggunakan domain .org. Istilah domain org pada internet digunakan bidang organisasi. Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasan lengkap sampai syarat domain ORG.

Pengertian Domain ORG

Pengertian Domain ORG 

Domain Org adalah termasuk dalam Top Level Domain (TLD) yang terletak di akhiran nama website. Letak domain ORG adalah di setelah tanda titik dan nama domain SLD (Second Level Domain). 

Untuk beli domain ORG, Anda dapat membelinya di situs penyedia layanan domain terbaik dan murah yaitu Niagahoster. 

Seperti diketahui sebelumnya, pada mulanya, istilah domain org pada internet digunakan bidang organisasi nonprofit atau organisasi non komersial yang tidak memenuhi persyaratan untuk gTLD lainnya. 

Kemudian, domain ini terus berkembang semenjak ada organisasi pertama yang mendaftarkan domain org yang bernama “mitre.org” pada Juli 1985. 

Selanjutnya, TLD ini telah dikenal dan dioperasikan sejak 1 Januari 2003 oleh Public Internet Registry. Jadi, org adalah domain untuk organisasi nirlaba sampai kemanusiaan yang biasanya berfokus untuk tidak mencari keuntungan. 

Fungsi, Keunggulan, dan Penggunaan Domain ORG 

Istilah domain org pada internet digunakan bidang organisasi nirlaba yang berfungsi untuk memecahkan sebuah masalah. Adapun tugas dari organisasi ini cenderung pada bidang pelayanan. 

Selanjutnya, domain org adalah domain untuk organisasi kemanusiaan juga yang dimana bersifat sukarela. Ada berbagai bidang organisasi kemanusiaan yang banyak menggunakan domain ini. Contohnya berfokus pada pendidikan, kesehatan, psikologi, sampai sanitasi dan lingkungan. 

Jika ingin menggunakan domain .org, tentukan dulu target untuk website Anda serta tentukan juga tujuan dari adanya website tersebut. Adapun fungsi dari domain org adalah sebagai berikut: 

1. Membangun Kepercayaan 

Sebuah organisasi harus dikenal oleh masyarakat luas agar lebih berkembang. Selain itu, organisasi harus memperkuat kredibilitasnya di mata orang lain. Membangun kepercayaan organisasi tidak sembarangan. 

Dibutuhkan track record yang panjang agar dinilai baik dan bukan termasuk dari organisasi ilegal. Untuk itu, Anda bisa membangun kepercayaan dengan membuat website .org ini. Orang-orang dapat dengan mudah mengetahui informasi organisasi Anda serta pencapaiannya. 

Setelah melihat nama .org, pengunjung bisa dengan mudah mengaitkan domain untuk lembaga nirlaba atau badan amal. 

2. Membimbing Masyarakat 

Dengan adanya situs dengan domain .org ini, Anda bisa membimbing masyarakat untuk ikut berpartisipasi atau memberikan sosialisasi tentang suatu ilmu tertentu. Contohnya organisasi peduli lingkungan mengadakan event untuk menanam 1000 pohon. 

Jika diposting melalui website tentu informasi yang disampaikan akan lebih mudah tersebar. Ini juga bisa digunakan untuk mengajak masyarakat untuk memberikan donasi yang biasanya ada di jenis organisasi kemanusiaan. 

3. Meningkatkan Jumlah Donasi

Untuk menghadapi permasalahan dari suatu organisasi, wajar jika melakukan penggalangan dana kepada masyarakat. Misalnya untuk membantu operasi katarak untuk anak tidak mampu, maka dibutuhkan penggalangan dana agar target organisasi bisa terpenuhi. 

Untuk melakukannya, organisasi perlu didampingi oleh masyarakat dan sponsor untuk memperoleh dana tersebut karena tidak mungkin organisasi bisa menyelesaikan masalah ini sendiri. 

Jika menggunakan ekstensi .org, lebih mudah untuk meningkatkan jumlah donasi karena transaksi keuangannya juga bisa melalui online dan rekening sehingga dana akan lebih cepat terkumpul serta menghemat waktu karena tidak perlu mendatangi orang satu persatu.  

Syarat Mendaftar Domain .ORG 

Jika Anda tertarik untuk mendaftar domain .org, maka ada syarat yang harus dipenuhi. Syarat ini juga berupa tips agar bisa mendapatkan domain yang aman dan terpercaya. 

Kemudian, berupa alur dari pendaftaran domain .org. Pada dasarnya, domain ini tidak membutuhkan persyaratan yang sulit dan pengumpulan berkas-berkas tertentu seperti halnya pada domain lainnya seperti co.id, sch.id, dsb. 

Hal ini karena org adalah domain untuk umum sehingga tidak memerlukan persyaratan khusus. Syarat domain org adalah sebagai berikut: 

1. Pilih Layanan Domain Terpercaya 

Untuk mendapatkan domain yang berkualitas serta kepercayaan bertransaksi, pilihlah layanan yang sudah populer dan terpercaya. Anda bisa mencarinya di internet. Salah satu situsnya adalah Niagahoster yang menyajikan berbagai domain gTLD yang berkualitas dengan harga murah.

2. Tentukan Nama Domain

Syarat domain org yang tak kalah penting adalah menentukan nama domain sesuai nama organisasi Anda. Buatlah nama yang singkat agar tidak mudah diingat oleh pengunjung. 

Jika nama organisasi Anda panjang, tuliskan singkat saja dengan memilih kata yang juga mudah diketik. 

Dengan begitu website Anda mudah dicari serta berguna untuk menghindari risiko adanya salah ketik atau typo. 

3. Isi Formulir

Saat mendaftar domain org ke layanan, isi formulir secara lengkap seperti nama, tempat tinggal, serta jenis domain yang akan dibeli agar dapat diketahui data pribadi secara jelas dan untuk kebutuhan apa Anda mendaftarnya. 

4. Lakukan Pembayaran 

Selanjutnya, tinggal melakukan pembayaran sesuai dengan tagihan yang ada. Cek kembali nominalnya apakah benar atau tidak. Transaksi biasanya dilakukan sangat mudah bisa melalui berbagai metode pembayaran yang ada. 

Biasanya penyedia layanan juga memberikan angka untuk untuk setiap transaksi sehingga Anda dapat dengan mudah mengirimkan sesuai tujuan dan lebih aman bertransaksi. 

5. Transaksi Selesai 

Jika sudah melakukan pembayaran, otomatis domain .org Anda sudah bisa digunakan. Anda tinggal membuat konten yang sesuai dengan nama domain Anda agar lebih mudah ditemukan di internet. 

Kesimpulan 

Domain org adalah domain untuk organisasi baik nirlaba maupun kemanusiaan. Dengan adanya website organisasi ini, Anda akan lebih mudah untuk menjaring anggota baru, mempromosikan program, sampai mendapatkan donasi. 

Untuk mendapatkan layanan domain yang terpercaya dan dengan harga murah, Anda bisa membelinya di Niagahoster

Apa Itu Domain .ORG? 5 out of 5